Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips untuk Memperkuat Keterlibatan Orang Tua dengan Perangkat Digital



"Orang tua yang lebih aktif saat ini, dan teknologi dapat membuat mereka tetap terhubung". Demikianlah quote yang berkaitan dengan keterlibatan orang-tua dengan perangkat digital sehingga dapat membantu anak dalam belajar.

Guru dan administrator di sekolah tingkat dasar (SD) menyadari dampak positif dari keterlibatan orang tua pada prestasi siswa, begitu banyak sekolah dan daerah yang  sekarang memanfaatkan teknologi untuk memberdayakan hubungan yang lebih baik dan lebih bermakna dengan orang tua dan keluarga.

Kelompok penelitian pendidikan Pearson melaporkan bahwa ada peningkatan kesadaran dan pengakuan di antara guru dan administrator bahwa pertemuan orang tua-guru tradisional menghasilkan hasil yang terbatas, terutama untuk populasi siswa yang secara tradisional terpinggirkan. Pearson menawarkan delapan poin yang menentukan bagaimana alat digital dapat meningkatkan keterlibatan orang tua:

1. Perluas Peralatan Jaringan Komunikasi Anda

Situs web, email, buletin elektronik, aplikasi khusus, dan media digital lainnya memungkinkan orang tua melihat pekerjaan yang dilakukan siswa mereka di kelas. Alat-alat ini membantu memperluas pembelajaran di luar kelas dan memberikan tip dan ide pengayaan kepada orang tua untuk kegiatan pembelajaran yang dapat mereka lakukan di rumah.

2. Jagalah Hal-hal Rutin

Teknologi memungkinkan sekolah dan guru lebih mudah berkomunikasi tentang acara sekolah sehari-hari, seperti acara keakraban, penggalangan dana, dan pameran sains. Aplikasi seperti Remind agar mereka saling terhubung.

3. Ajak Orang Tua Masuk Melalui Video Conferencing

Google Hangout, Skype, dan FaceTime memungkinkan orang tua berpartisipasi dalam aktivitas kelas saat berada di lokasi yang jauh. Dengan banyaknya orang tua yang bekerja, dalam perjalanan jauh dari kantor atau dengan anak-anak lain di rumah, seringkali sulit untuk datang ke sekolah, jadi alat pertemuan video sangat berguna.

4. Manfaatkan Media Sosial

Orang tua yang bekerja terkadang merasa tersisih jika mereka tidak dapat menjadi sukarelawan secara teratur. Dengan grup Facebook/WA, rantai email, dan buletin digital, mereka dapat terus mendapatkan informasi lebih lanjut dan menawarkan lebih banyak bantuan dan keahlian selama waktu yang lebih nyaman bagi mereka.

5. Gunakan Pesan Teks untuk Membangun Komunikasi

Teknologi juga dapat menghilangkan hambatan umum antara sekolah dan keluarga. Banyak orang tua muda menjadi terintimidasi oleh pertemuan formal atau tidak bisa mendapatkan cuti untuk hadir. Banyak guru telah menemukan bahwa kemampuan untuk mengirim pesan kepada orang tua telah membuat komunikasi dengan mereka lebih mudah. Teks sederhana dan sering kepada orang tua untuk menjelaskan kemajuan siswa bisa jauh lebih efektif daripada laporan kemajuan tradisional.

6. Biarkan Orang Tua Membantu Merancang Strategi Komunikasi Anda

Pada minggu-minggu pertama sekolah, beberapa guru berinteraksi dengan orang tua melalui email dan survei online untuk mencari cara terbaik untuk berkomunikasi dan memberikan nasihat kepada orang tua tentang bagaimana mereka dapat terlibat dengan pembelajaran siswa mereka.

7. Gunakan Data untuk Menunjukkan Kemajuan Siswa

Orang tua ingin tahu apa yang terjadi di kelas. Guru sekarang dapat menggunakan alat data untuk menunjukkan kepada orang tua di mana siswanya unggul dan di mana mereka perlu peningkatan. Dengan menggunakan alat data modern, pengajar dapat menyampaikan informasi ini kepada orang tua jauh lebih cepat, dibandingkan menunggu hingga akhir kuartal yang sering terlambat.

8. Buat Informasi Mudah Diakses Dengan Cloud

Portofolio digital menciptakan tempat bagi pengajar dan siswa untuk menyimpan pekerjaan di cloud. Misalnya, siswa dapat mengembangkan portofolio digital untuk mengakses semua pekerjaan kesiapan kuliah mereka, resume, wawancara informasional, esai untuk aplikasi perguruan tinggi dan beasiswa. Dan karena informasi berada di cloud, siswa dapat mengaksesnya di mana saja, kapan saja. Dengan semakin banyaknya generasi milenial yang menjadi orang tua, mereka berharap distrik sekolah menggunakan teknologi untuk berkomunikasi dengan mereka dan siswa mereka. Meskipun wilayah perlu menyesuaikan, ini bukanlah tantangan yang tidak dapat diatasi karena banyak dari teknologi ini sudah digunakan. Pikirkan daftar ini sebagai cara terbaik untuk mengatur diri.

Dengan semakin banyaknya generasi milenial yang menjadi orang tua, mereka berharap wilayah sekolah menggunakan teknologi untuk berkomunikasi dengan mereka dan siswa mereka. Meskipun daerah perlu menyesuaikan, ini bukanlah tantangan yang tidak dapat diatasi karena banyak dari teknologi ini sudah digunakan. Pikirkan daftar ini sebagai cara terbaik untuk mengatur diri.

Posting Komentar untuk "8 Tips untuk Memperkuat Keterlibatan Orang Tua dengan Perangkat Digital"