Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjadi Pengajar Praktik Calon Guru Penggerak

Rasa syukur yang mendalam, selama 9 bulan ini, saya dapat mendampingi teman-teman calon guru penggerak dari kabupaten Sleman angkatan ke-3. Program Pendidikan Guru Penggerak ini  dimulai sejak 13 Agustus 2021 sampai dengan 25 Juni 2022 ini. Semula ada 5 calon guru penggerak yang saya dampingi, namun dalam perjalanan ada salah satu yang mengundurkan diri karena alasan kesehatan. Ada banyak kisah, pengalaman dan praktik baik yang saya dapatkan ketika dalam pendampingan calon guru penggerak yang berasal dari sekolah-sekolah terbaik di kabupaten Sleman.


(sertifikat pengajar praktik)

Untuk menjadi pengajar praktik, saya harus mengikuti seleksi 3 kali, yaitu seleksi administrasi, seleksi mengajar dan seleksi wawancara. Setelah ketiga seleksi berhasil saya ikuti dan lolos, maka saya harus mengikuti pembekalan selama kurang lebih 2 minggu secara daring. Melalui pembekalan, saya mendapatkan materi-materi yang sangat bermanfaat untuk pengembangan diri dan juga untuk pendampingan calon guru penggerak.


(sertifikat pembekalan pengajar praktik)

Apa saja tugas Pengajar Praktik?

Pengajar praktik memiliki 2 tugas utama yaitu pendampingan individu dan pendampingan kelompok (lokakarya). Pendampingan individu dilakukan sebulan sekali sebelum kegiatan lokakarya. Pendampingan individu dilaksanakan di sekolah para calon guru penggerak (cgp). Dalam pendampingan individu, pengajar praktik melakukan praktik coaching, wawancara dan observasi kelas. Selain itu, pengajar praktik juga melakukan pengecekan terhadap aksi nyata yang dilaksanakan oleh para calon guru penggerak sehingga sinkron antara tugas yang diberikan oleh fasilitator melalui LMS.

Setelah melakukan pendampingan individu, para pengajar praktik mempersiapkan lokakarya yang biasanya dilaksanakan berkelompok dengan para calon guru penggerak dari pengajar praktik yang lain. Melalui lokakarya, para calon guru penggerak disegarkan kembali melalui materi-materi yang sudah disiapkan. Materi-materi sudah terstruktur dan dibuat oleh para instruktur yang kompeten, sehingga para pengajar praktik, tinggal mempraktikkan dari materi yang tersedia di modul calon guru penggerak.

Berikut ini materi-materi yang diberikan oleh para pengajar prakti melalui pendampingan individu dan lokakarya.


Tentunya, saya merasa sangat bersyukur menjadi bagian dari Program Pendidikan Guru Penggerak yang diselenggarakan oleh Kemendikbudsitek di tahun ini. Program yang saya ikuti ini masih berlangsung selama 9 bulan dan setelah angkatan 5, program ini hanya dijalankan selama 6 bulan saja. Program ini berusaha menciptakan pemimpin pembelajaran masa depan di sekolah-sekolah. Meski ada beberapa kekurangan, namun menurut saya ini merupakan program terbaik dan bermanfaat untuk para guru. Mari bergabung dan ikut ambil bagian dari program ini.

Posting Komentar untuk "Menjadi Pengajar Praktik Calon Guru Penggerak"