Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Resume Pribadi Siswa Menggunakan Canva

Di tahun ajaran ini saya berkesempatan kembali mengajar informatika untuk para siswa kelas X. Di awal pertemuan seperti kebiasaan dalam pembelajaran, adalah kesempatan untuk berkenalan diri, baik siswa atau guru. Supaya di pertemuan pertama ada kesan yang menarik untuk para siswa, maka saya mencoba membuat contoh perkenalan diri dengan membuat resume pribadi menggunakan aplikasi online Canva. Di resume pribadi, saya menyampaikan nama, hobi, pendidikan, pengalaman bekerja, foto pribadi dan data-data diri lain. Tujuannya adalah agar para siswa mengetahui profil diri saya melalui resume yang saya buat. Contoh resume pribadi saya dapat dilihat di link ini.


Canva merupakan aplikasi online yang dapat digunakan oleh siapa saja dengan mudah dan praktis untuk membuat produk-produk digital (brosur, resume, slide presentasi, dll). Tidak perlu keahlian khusus untuk menggunakan aplikasi ini, karena pengguna cukup drag and drop seperti halnya ketika menggunakan aplikasi kantor (word, excel, powerpoint). Pengguna cukup login menggunakan akun email dan semua produk digital yang dibuat akan tersimpan secara otomatis di cloud canva. Pengguna dapat menggunakan dan mengubah dengan smartphone/PC dimanapun dan kapanpun selama ada koneksi internet.

Supaya saya dapat mengenal siswa secara pribadi, maka saya juga memberikan kesempatan pada siswa untuk membuat resume pribadi menggunakan Canva. Para siswa juga saya minta untuk membuat alamat dari Google Maps dan kemudian menampilkannya dengan menggunakan QR Code sehingga tampilan di resume menjadi lebih rapi. 


Melalui kegiatan ini, kita sama-sama belajar mengenali satu sama lain sehingga resume tersebut dapat bermanfaat untuk pendampingan ke depannya. Para siswa tampak merasa antusias dan senang dalam kegiatan ini karena para siswa menciptakan produk digital secara mandiri. Beberapa siswa ada yang mengatakan bahwa ini merupakan pengalaman pertama mereka menggunakan Canva, namun ada juga yang sudah sering menggunakan Canva.

Posting Komentar untuk "Membuat Resume Pribadi Siswa Menggunakan Canva "